Speak Up : They Can’t

animal abuse awareness (2)

Animal Abuse Awareness.

Sebenarnya sudah sejak lama aku ingin menuliskan mengenai hal ini, namun di sisi lain aku juga merasa bahwa aku juga belum benar-benar memahami tentang ini. Yang aku tau hanya banyak hewan diperlakukan dengan kejam. Tidak, tidak, aku bukan seorang vegetarian yang tidak memakan daging, akan tetapi aku lebih fokus kepada perlakukan kepada hewan.

Seperti kisah yang aku dengar sendiri, tentang seekor kucing yang kemudian dililit dengan kain lalu dilumuri minyak tanah dan dibakar pada saat malam tahun baru. Yap, hal-hal inilah yang ingin aku tekankan. (Memang, aku akan banyak membahas mengenai anjing atau kucing — ya karena itulah hewan-hewan terdekat yang aku temui)

Gambar-gambar mengenai animal abuse sering aku lihat di timeline pinterest-ku, seperti :

Dan masih banyak lagi lainnya, yang lebih menyedihkan. Gambar-gambar hewan yang mengalami berbagai luka oleh karena perilaku manusia – yang aku tidak tega lihatnya jadi gak aku muat di sini. 

Can’t care for an animal? Don’t get one

Seringkal banyak orang-orang yang memelihara hewan peliharaan hanya karena ‘ingin’, tanpa memikirkan tanggung jawab yang ia miliki setelah memilikinya. Membeli anjing bisa dilakukan dengan mudah, akan tetapi memeliharanya bukan hal sepele. Makanan, kebersihan adalah hal penting yang harus diperhatikan. Jangan hanya mengurungnya, memberi makan dan mengabaikannya. Jadi : JANGAN MEMELIHARA KALAU KAMU CUMA ‘PENGEN’. Kalau cuma pengen ya nongkrong aja ke PTC sana. Hehehe (fyi: PTC itu Pakuwon Trade Center, Mall daerah Surabaya Barat yang didalamnya ada banyak pet shop nya)

Earth was created for all life, not just human life

Ingat, bumi ini penghuninya bukan kamu saja. Dan jangan mentang-mentang manusia adalah makhluk paling mulia dan adikuasa, lalu memperlakukan hewan sesuka hati. Hewan dan lingkungan harus dijaga dan dipelihara – ya karena manusia diberi akal budi. Jadi jangan jadikan kekuasaan ini untuk melakukann hal-hal yang kejam untuk hewan. Aku selalu pada prinsip me- dan di-.

Contoh : kalau kamu tidak mau disakiti hewan, jangan kamu menyakiti mereka.

Yah, hidup itu jika tidak bisa menyenangkan dan memuaskan dalam semua hal, setidaknya tidak menyakiti atau memperparah.

SPEAK UP!

Jika memang kamu tidak punya kekuasaan, atau pun materi untuk meniadakan perlakukan-perlakukan kejam terhadap hewan, kamu bisa menyuarakannya. Bukan berarti harus membuat sebuah organisasi atau hal lainnya. Jangan terlalu muluk, kamu dapat memulainya dengan mengatakannya kepada orang-orang terdekat, atau menuliskannya dalam blog kalian (seperti yang aku lakukan ini). Sekecil apapun itu, yang paling penting adalah usaha kalian.

Diawal, aku memang takut menuliskan hal ini karena memang tidak banyak yang bisa aku lakukan. Selain menolong kucing yang terjatuh di selokan dan memberi mereka makanan. Merawat kucing-kucing di kompleks rumah yang terluka. Dan, yah menuliskan dalam blog. Setidaknya, kita memulai sesuatu.

ADOPT don’t shop

Ini aku mulai mengenal prinsip ini sejak disuarakan oleh Nala Cat yang aku follow di instagram. Karena Nala, seekor kucing yang juga hasil adopsi. Kalian dapat mengadopsi dari tempat-tempat penampungan hewan. Atau ada alternatif lain, kalian jika memang tidak memiliki tempat untuk memelihara, maupun waktu untuk merawat, daripada menelantarkan hewan peliharaan kalian dalam kandang seharian kalian bisa memberikan donasi untuk tempat-tempat penampungan. Jika akhir pekan kalian dapat berkunjung dan bermain dengan hewan-hewan di sana.

Aku mau menutup post kali ini dengan sebuah kisah dari seorang fotogafer national geograpic :

Face-Off With A Deadly Predator

Jika hewan saja bisa memiliki perasaan dan hati, apakah kalian tidak malu jika menyakiti mereka?


Featured image unyu kali ini adalah hasil kolaborasi oleh Kak Oscar Njo (@oscarnjo) dan Kak Marsetio Hariadi (@marsetiohariadi). Ilustrasi gambar oleh Kak Oscar dan nulising ala Kak Tiyok. Hehehe.

You may also like

3 Comments

  1. Tiap orang harus punya mindset kalo cinta itu ga cuman buat manusia aja, tapi buat semua makhluk hidup.. kalo mereka sudah punya mindset itu, kayaknya ga bakal ada kasus animal abuse. Btw, good post ve.. 😉👍Keep spread the love and peace.. 😊