Menulis

menulis

Bagi sebagian orang menulis bukan kegiatan yang menyenangkan. Dan kurasa, aku suka menulis. Aku juga suka mencatat berbagai hal (didukung juga karena aku pelupa). Mungkin aku pernah mengatakannya, bahwa aku mulai menulis karena aku suka membaca. Ketika aku begitu suka membaca karya orang lain, kenapa tidak aku membuat karyaku sendiri? Dalam hal ini – menulis – aku artikan secara umum. Bisa menulis cerpen, novel, puisi, artikel, surat, buku harian, dll.

Menulis Cerita

Dulu, aku suka menuliskan cerita dalam kertas-kertas sobekan dari halaman tengah buku tulisku. Kebanyakan kisah-kisah yang aku tuliskan tidak pernah selesai karena yah.. aku tidak memiliki ide untuk lanjutan kisahnya. Ide cerita, nama tokoh dan karakter datang begitu saja membanjiri imajinasi dalam pikiranku.. yang kemudian (sering kali) berhenti begitu saja. Sekarang, aku sudah jarang sekali menuliskan cerita. Tidak ada lagi tokoh-tokoh dan alur cerita yang aku tuliskan. Mungkin hal ini juga karena bahasa yang aku gunakan sudah terlalu baku dan hanya terbiasa menuliskan artikel berita #alasan.

Puisi dan Surat

Menulis puisi juga tidak lepas dari salah satu jenis tulisan yang aku buat. Tidak banyak puisi yang kutulis, tapi kurasa sejak masa SD (Sekolah Dasar) aku tidak merasa kesulitan ketika mendapat tugas untuk menulis puisi. Entah, mungkin aku yang terlalu PD (percaya diri) akan tulisanku? Hahaha XD Kuingat juga, karena aku sering sakit sehingga tidak masuk sekolah. Aku harus membawa surat untuk kuberikan saat aku masuk. Bukannya mamaku yang menuliskannya, aku sendiri yang menuliskan surat izinku dan kemudian mamaku hanya menuliskan ulang dan menanda tanganinya. XD Kebiasaan ini berlangsung sejak aku SD hingga aku duduk dibangku SMA!

Buku Harian

Sempat juga dalam masa hidupku aku memiliki buku harian (sudah tidak lagi). Karena kurasa saat ini buku harianku pindah ke blog ku. hehehe. Tidak, tidak. Yang kutuliskan dalam buku harian tentu saja hal-hal yang lebih bersifat personal, seperti ungkapan perasaanku yang tidak bisa aku beritahukan kepada orang lain. Atau hal-hal konyol lainnya yang tidak bisa aku sebut. Aku lumayan menikmati menuliskan buku harian, dan katanya, menulis buku harian dapat meningkatkan kemampuan menulis. Tapi, aku terkadang melewati untuk menuliskannya dengan berbagai alasan, seperti : mengantuk. Hingga akhirnya aku memutuskan untuk berhenti menulis buku harian.

Artikel

Memasuki bangku SMP (Sekolah Menengah Pertama) aku mulai belajar menulis artikel berita melalui ELS (Excelent Life Skill) Jurnalistik. Dan dari sinilah aku mulai kenal dan suka dengan menulis artikel berita. Memang hanya pelajaran yang aku dapat seminggu sekali dengan tugas-tugas sederhana dan teori-teori. Tapi aku suka. Memasuki bangku SMA (Sekolah Menengah Atas) aku mulai tergabung dalam organisasi di sekolah yang berhubungan dengan jurnalsitik. Aku juga mengikuti ekstrakurikuler majalah sekolah yang menuntut aku untuk menuliskan artikel dalam rubrik-rubrik tertentu di dalamnya – termasuk melakukan liputan dalam kegiatan sekolah yang akan datang.

Menulis Blog

Tentu saja! Hahaha.. di blog kalian bisa menuliskan apa saja (tentu lebih baik yang bermanfaat dan berguna atau curhatan juga bisa XD). Aku menggunakan blog sebagai saranaku untuk menyalurkan ide, opini, informasi, dan tentu saja yang terutama, curhat. Yang menjadi salah satu motivasi terbesarku dalam menulis ialah bahwa aku tau bahwa meskipun aku sudah tidak ada di dunia ini, aku berharap nantinya tulisan-tulisanku akan tetap diingat dan ada untuk menginspirasi. *amin* Menulis blog dapat menjadi sarana juga bagi kalian yang suka menulis dan memiliki banyak pikiran, ide maupun aspirasi! Tulisan-tulisan kalian layak untuk dibagikan!

Seperti yang kukatakan diawal, menulis tidak menjadi kegiatan yang menyenangkan bagi sebagian orang. Bahkan menulis diangap sebagai hal yang sulit. Aku rasa ini hanya soal kebiasaan saja. Sama halnya ketika kita pertama kali menggunakan keypad jenis ‘QWERTY’ setelah terbiasa menggunakan keypad¬†yang ‘ABC’. Lama-kelamaan akan menjadi mudah bukan? Kebiasaan bisa dibentuk dari mana saja. Buku harian bisa menjadi salah satu alternatif pilihan yang paling mudah untuk mulai membiasakan diri menulis. Dan tentu saja, jangan lupa membaca untuk memperkaya tulisan-tulisan yang akan kalian buat nantinya! Mau tau hal-hal apa saja yang aku sukai dari menulis? Tunggu di post selanjutnya yah! ^^

You may also like