Jenis – Jenis Komunikasi

jenis-komunikasi

Disini aku akan membahas jenis-jenis komunikasi yang telah aku pelajari dalam mata kuliah Pengantar Ilmu Komunikasi (PIK) yaitu : komunikasi intrapribadi, komunikasi antarpribadi, komunikasi kelompok, komunikasi publik, komunikasi organisasi, dan komunikasi massa.

Komunikasi Intrapribadi

Komunikasi ini merupakan jenis komunikasi yang terjadi di dalam setiap individu (dengan diri sendiri). Jadi, komunikasi jenis ini tidak dibahas lebih lanjut dalam pembelajaran, karena komunikasi jenis ini kaitannya adalah dengan ilmu psikologi. Akan tetapi, meskipun tidak dibahas lebih lanjut, sebenarnya komunikasi dengan diri sendiri ini juga melekat dengan komunikasi 2 orang, 3 orang dan seterusnya. Hal ini dapat terjadi karena ketika menjalin komunikasi dengan orang lain, sebenarnya kita juga telah berkomunikasi dengan diri sendiri

Komunikasi antarpribadi (Interpersonal Communication)

Komunikasi antarpribadi adalah komunikasi yang terjadi secara tatap-muka, yang memungkinkan pesertanya melihat reaksi orang lain secara langsung, baik secara verbal maupun non-verbal.

Bentuk khusus dari komunikasi antarpribadi adalah komunikasi diadik yang melibatkan hanya 2 orang saja. Contoh : komunikasi antara suami-isteri, antara dosen-mahasiswa.

Komunikasi Kelompok

Kelompok disini adalah sebagai kumpulan orang yang memiliki dan tujuan yang sama. Untuk jenis komunikasi kelompok ini, biasanya yang dimaksudkan ialah dalam lingkup kelompok yang kecil yang masih memungkinkan adanya tatap-muka. Sehingga umpan balik dari salah satu peserta dapat langsung ditanggapi. Dalam hal ini berarti komunikasi kelompok juga melibatkan komunikasi antarpribadi.

Komunikasi Publik

Komunikasi publik adalah jenis komunikasi yang terjadi ketika seorang pembicara sedang menyampaikan pesan kepada sejumlah besar orang, yang tidak dapat dikenali satu per satu. Contoh : pidato, kuliah umum, ceramah. Selain itu, komunikasi publik biasanya lebih formal dibandingkan dengan komunikasi antarpribadi atau kelompok.

Komunikasi Organisasi (Organizational Communication)

Komunikasi organisasi terjadi dalam suatu organisasi. Dapat bersifat formal maupun informal serta berlangsung dalam tingkat yang lebih luas dibandingkan dengan komunikasi kelompok. Tidak menutup kemungkinan bahwa di dalamnya juga bisa saja memuat komunikasi antarpribadi, komunikasi kelompok dan komunikasi publik.

Komunikasi Massa

Merupakan jenis komunikasi yang menggunakan media massa sebagai sarana penyampaian pesan. Media tersebut dapat berbentuk media cetak (surat kabar, majalah) maupun media elektronik (televisi, radio).


Baca juga : Jenis-Jenis Komunikasi

Baca Juga : Fungsi Komunikasi

Baca Juga : Hakikat, Definisi, dan Konteks Komunikasi

Referensi :

Mulyana, Deddy. Ilmu Komunikasi : Suatu Pengantar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2008. Print.

You may also like