Hakikat, Definisi, dan Konteks Komunikasi

konsep-komunikasi-2

Unsur Komunikasi terdiri dari : pesan, komunikan, komunikator, media, feedback. Maka itu, dapat ditarik deksripsi komunikasi adalah proses penyampaian pesan/informasi dari komunikator ke komunikan melali tanda dan lambang (media) tertentu.

Inti dari komunikasi adalah penafsiran (intepretasi) atas pesan tersebut, baik disengaja atau pun tidak disengaja.

Yang membedakan komunikasi yang dilakukan oleh hewan/tumbuhan dengan manusia adalah pada komunikasi yang terjalin oleh hewan/tumbuhan tidak ada pemaknaan yang terjadi. Selain itu, komunikasi pada manusia lebih bersifat variatif karena manusia memiliki akal budi, dan mampu berpikir sehingga mampu merespon secara dinamis. Komunikasi yang terjadi pada hewan tidak melalui proses kognitif, hanya terjadi karena hasil kebiasaan (habit) dan insting.

Tiga Konseptualisasi Komunikasi

Komunikasi sebagai tindakan satu arah (linier)

Dapat juga disebut komunikasi linier. Hanya berjalan 1 arah saja. Dalam komunikasi jenis ini, komunikan hanya menerima, tidak memberikan umpan balik dan komunikator juga tidak mengharapkan umpan balik dari komunikan (mengabaikan interaksi). Mengabaikan komunikasi non-verbal. Jadi, komunikasi dianggap suatu proses yang dimulai dari komunikator/sumber dan berakhir pada komunikasn (penerima pesan).

Komunikasi sebagai interaksi

Pada komunikasi sebagai interaksi ini, proses komunikasi yang terjadi saling mempengaruhi (mutual influence) dan ada umpan balik (feedback).  Komunikasi jenis ini berjalan dengan lebih dinamis karena ada respon dari komunikan yang ditangkap ditanggapi oleh komunikator. Akan tetapi, dalam proses interaksi yang terjadi, komunikasi jenis ini juga belum menanggapi komunikasi non-verbal yang ada.

Komunikasi sebagai transaksi (transaksional)

Dalam komunikasi transaksional ini juga terjadi pertukaran pesan, yang bersifat spontan dan simultan diantara pelaku (orang-orang) yang terlibat di dalam komunikasi. Komunikasi transaksional lebih aktif dan dinamis dibandingkan dengan 2 konsep sebelumnya karena dalam komunikasi ini juga memperhatikan komunikasi secara non-verbal.


Baca juga : Jenis-Jenis Komunikasi

Baca Juga : Fungsi Komunikasi

Referensi :

Mulyana, Deddy. Ilmu Komunikasi : Suatu Pengantar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2008. Print.

You may also like

4 Comments

  1. artikel yang sangat menarik. sangat ringkas sehingga membantu dalam memahami apa yg tercantum pada buku