Belajar Kembali

Belajar, selalu.

Selalu menyenangkan untuk kembali ke alam dan menikmati keindahannya.

Selama dua hari mulai Sabtu (05/08/2017) sampai Minggu (06/08/2017) aku dan beberapa kawan bertolak menuju tretes untuk melakukan rapat kerja organisasi, untuk satu periode kedepan. Sebuah perjalanan yang kunantikan ketika sudah mulai lelah dengan macam-macam hal yang kualami selama di kota, Surabaya.

Aku selalu suka bepergian sejenak dari kota, dan sekaligus membuang segala macam-macam pemikiran ala perkotaan itu. Perkuliahan, organisasi, dan hal-hal lainnya yang terkadang membuatku banyak lupa. Lupa bagaimana mensyukuri hidup, lupa bagaimana peduli kepada orang lain dan lupa bagaimana memberi waktu bagi diri sendiri, untuk belajar.

Seorang kawan.

Seorang kawan kembali mengingatkan aku, bagaimana hidup harus diisi dengan kemauan, dengan kegigihan untuk selalu mau belajar. Belajar darimana saja. Dari buku, dari kebiasaan, dan dari tingkah laku hingga menantang diri sendiri. Belajar dari buku dengan pengetahuan-pengetahuan yang selalu baru, dengan menantang diri untuk menahan rasa malas membuka buku yang agaknya terlalu tebal. Belajar dari kebiasaan, dengan belajar mengubah kebiasaan-kebiasaan buruk dalam diri. Belajar dari tingkah laku, dengan selalu menjadi orang yang baik dimanapun dan kapanpun. Menjadi manusia yang mampu memaknai kehidupan dengan selalu berbagi. Dan dengan menantang diri untuk mau melalui semua proses belajar yang terkesan munafik, kata sebagian orang.

Hal ini membuat aku mengingat pesan guruku ketika SMA, untuk selalu keras terhadap diri sendiri. Sehingga membuat dunia akan lembut kepada diri kita.

Kedua pesan tersebut bagiku mengajarkan aku hal yang sama. Bahwa belajar dari kehidupan ialah menantang diri sendiri, dengan tidak menjadi lembut dan mudah memaafkan kesalahan yang aku perbuat.

Menghirup udara sejuk khas dataran tinggi, dan juga pegunungan yang tertutup awan selalu memberikan aku semacam kelegaan baru. Membuat aku mengingat, banyak hal yang aku lupakan di kota.


Featured image hari ini adalah hasil kolaborasi dari Christine Sutanto x Marsetio Hariadi.

You may also like

1 Comment

  1. Good quotes “selalu keras terhadap diri sendiri. Sehingga membuat dunia akan lembut kepada diri kita” menginspirasi biar gak males kuliah!!! Thanksss